Selasa, 01 November 2016

FUNGSI Kalbulator

Fungsi Karburator Pada Kendaraan Bermotor


tifamotor.com
 Karburator merupakan bagian dari komponen mesin motor yang bertugas dalam pengabutan (pemasukan bahan bakar ke dalam silinder).
Kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan, pada saat mesin hidup, mesin menghisap udara di luar yang masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang masuk melalui spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran masuk rendah, sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil. Campuran bahan bakar dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan di bakar di dalam silinder.


Fungsi dari karburator itu sendiri di antaranya : 

1. Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap yang dilanjutkanke dalam silinder.
2. Untuk mengatur suatu perbandingan antara bahan bakar dan udara, pada berbagai bebankecepatan motor.
3. Untuk mencampur bahan bakar dan udara secara merata.

Proses dari pemasukan bahan bakar ke dalam silinder dinamakan 'karburasi', sedangkan alat yang melakukannya disebut "Karburator"

Bagian-bagin dari karburator itu sendiri meliputi : 
1. Mangkok karburator (float chamber)
Yang berfungsi untuk penyimpanan bahan bakar sementara, sebelum di gunakan.

2. Klep/jarum pelampumg (Float Valve)
Tugasnya mengatur  masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.

3, Pelampung ( Floater)
 Berfungsi sebagi pengatur bahan bakar, agar tetap pada mangkuk karburator tersebut

4. Skep/katup gas (throtle valve)
Berfungsi untuk mengatur banyak nya gas yang yang masuk ke dalam silinder.

5. Pemancar jarum
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar, pada waktu motor di gaspol, besarnya bahan bakar yang keluar di atur oleh jarum skep yang terangkat ketika di gas.

6. Jarum skep/jarum gas (needle jet)
Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.

7. Pemancar besar (main jet)
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh (tinggi)

8. Pemancar kecil/stationer (slow jet)
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer

9. Skrup ga/baut gas (trhottle screw)
Berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.

10. Skrup udara/baut udara (air screw)
Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.

11. Katup cup (choke valve)
Berfungsi untuk menutup udara luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, cup ini digunakan pada waktu startt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar