Senin, 26 September 2016

Dasar seputar mesin

Istilah Dasar Seputar Mesin

  Selamat malam sobat, seperti biasa mengisi waktu kosong saya selalu menulis artikel yang berkaitan dengan otomotif, pernah kah sobat dengar siklus, titik mati atas , bore atau kapasitas silinder ? yaa itu merupakan istilah dasar mesin . pada materi ini saya akan membahas beberapa istilah dasar mesin pada tekin sepeda motor.
http://blogmasdayat.blogspot.com/2015/04/istilah-dasar-seputar-mesin.html
Siklus
Siklus adalah proses kerja mesin yang berulang ulang dan bekesambungan secara terus menerus untuk menjaga mesin tetap beroperasi dan menghasilkan tenaga. Proses yang terjadi di dalam mesin adalah pemasukan campuran bahan bakar bensin dan udara > Kompresi > Usaha > Pembuangan
Titik Mati
Titik mati yaitu dimana piston berhenti untuk melakukan gerkan yang berlawanan dai arah gerakan awalnya, TMA (Titik Mati Atas) adalah titik mati piston berhenti melakukan gerakan dan posisi dimana piston berada pada bagian atas block silinger. TMB (Titik Mati Bawah) adalah titik mati piston dimana berhenti melakukan gerakan dan posisi dimana piston berada pada bagian bawah silinder.
Stroke atau Langkah Piston
Langkah Piston adalah Jarak gerak piston dalam suatu arah dari TMA ke TMB ataupun dari TMB ke TMA. Besarnya Langkahpiston dihitung satuan mm (millimeter)
Bore atau Diameter
Yaitu besarnya diameter dalam silinder yang dihitung dalam satuan mm (millimeter)
Volume silinder atau Kapastitas Silinder
Yaitu besarnya volume campuran bahan bakar yang masuk kedalam silinder dalam satuan Cm³ ( Centimeter Cubic / CC) Volume silinder dapat dihitung dengan Rumus :
Vs = π . D² . L . n = cc / Cm³ dibagi 4000
Keterangan : Vs = Volume silinder
π 3,14 nilai ketetapan nya
D = Diameter Piston (mm)
L = Langkah Piston (mm)
N = Jumlah silinder
Over Lapping Klep
Yaitu dimana suatu klep in dan ex sama sama dalam keadaan sedikit terbuka. Umumnya hal ini terjadi pada akhir langkah buang dan awal hisap yang berfungso untuk mengoptimalkan system pembilasan sisa sisa pembakaran yang akan di buang melalui knalpot. Dengan demikian ada sebagian kecil bahan bakar segar yang mulai masuk ketika klep in mulai terbuka yang di gunakan untuk pembilasan sisa sisa pembakaran
Over Heating
Yaitu dimana suatu kondisi temperature m esin terlalu panas yang diakibatkan nya kurang pemasukan bahan bakar ( Bahan bakar miskin ) kurang nya pendingan dan pelumasan atau tersumbatnya saluran oli serta saluran pernapasan mesin.
Itulah pembahasan mengenai istilah dasar mesin, semoga pembahsan ini bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari pembahasan tersebut, Tetap Di blog abdulahsani Materi Selanjutnya Syarat syarat Motor Dapat hidup dengan Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar