PENGERTIAN MESIN-TEKNIK SEPEDA MOTOR
Malam Sobat
Teknik, apakah sobat sedang mencari pengertian mesin ? jika sedang
mencari sobat tepat sekali berkunjung ke blog saya ini. Mengapa
demikian, karena pada artikel saya ini akan membahas seputar Teknik
Sepeda Motor atau TSM. Pada pembahasan kali ini kita mengenal apa itu
mesin?
Mesin adalah suatu media atau alat
untuk mengubah energy seperti air,panas,angin,listrik,atom menjadi
energy gerak atau mechanical energy . mesin sepeda motor rata –rata
menggunakan energy panas atau listrik. Yang kita bahas disini adalah
mesin sepeda motor yang menggunakan energy panas atau bias di sebut
motor bakar yang umum nya kita lihat dan kita pakai sehari hari.
Mesin sepeda motor di bagi menjadi 2
yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Mesin 4 tak atau mesin 4 langkah
artinya untuk menghasilkan satu kali tenaga, mesin tersebut
membutuhkan 4 kali langkah gerak bolak balik piston atau seher dari
TMA ( Titik Mati Atas ) Ke TMB ( Titik Mati Bawah ) dan sebaliknya
dari TMB ke TMA yaitu 2 kali Putaran poros engkol atau crankshaft
dan 1 kali putaran noken as atau camshaft.
Nah sobat itulah pengertian dari mesin
dan Pembagian mesin pada sepeda motor, Pembahasan selanjut nya adalah
nya Siklus kerja mesin 4tak/4langkah
Siklus
Kerja Mesin 4 Tak Sebagai Berikut
Langkah Hisap
Pada langkah ini terjadi campuran bahan
bakar dengan udara yang telah diubah menjadi gas yang di hasilkan
oleh daya isapan atau kevakuman di ruang bakar. Lalu campuran bahan
dari karburator terhisap masuk keruang bakar melalui intakemanifold
atau saluran masuk.
Piston membentuk kevakuman di dalam
silinder , Piston bergerak dari TMA ke TMB terjadi nya kevakuma ini
yang menyebabkan katup hisap terbuka dan katup buang tertutup pada
proses pemasukan bahan bakar berlangsung.
Langkah Kompresi
Pada langkah ini teradi campuran bahan
bakar di dalam silinder yang bertujuan untuk meningkatkan tekanan dan
suhu pembakaran yang akan menghasilkan pembakaran yang sempurna dan
ledakan yang besar yang nantinya mendorong piston ke bawah.
Pada langkah kompresi kedua klep in dan
ex dalam keadaan menutup rapat supaya pemadatan campuran bahan bakar
tidak terjadi kebocoran pada langkah kompresi.
Piston bergerak dari TMB Menuju TMA
yang bertujuan mendorong dan memadatkan campuran bahan bakar sebelum
langkah Usaha.
Note : Pada umumnya kompresi untuk
motor 4 langkah berkisar antara 8 – psi/kg sedangkan untuk motor 2
tak antara 6 – 8 psi/kg
Langkah usaha
Ledakan dari proses pembakaran
mendorong piston ke bawah menuju TMB di sinilah sebuah tenaga dari
mesin Bakar 4 tak yang dihasilkan. Baca Juga Pengertian MotorBakar
Kedua klep in dan ex dalam keadaan
tertupu rapat sehingga dari hasil pembakarn dengan penuh mendorong
piston tanpa terjadi kebocoran.
Piston bergerak dai TMA ke TMB karena
terdorong oleh hasil pembakran yang berupa ledakan dan nantinya
tenaga di salurkan ke Kruk AS atau poros engkol memlalui stang
Piston.
Langkah Buang
Nah sobat ini merupakan langkah
terakhir dari proses terjadi nya siklus mesin yaitu langkah buang ,
hasil dari proses bembakaran yang akan di keluarkan menuju ke knalpot
. berikut terjadi nya proses langkah buang
Klep ex atau buang terbuka untuk
membukasaluran buang, kemudian klep in tertutup agar tidak bocor
kesaluran masuk, selanjutnya piston begerak dari TMB menuju TMA
mendorong sisa sisa gas pembakaran yang keluar dari ruang bakar
melalui saluran Exhaust manifold melalui knalpot.
Gimana sobat udah paham pada proses
siklus mesin 4 langkah ? semoga artikel yang saya ketik dari buku
saya bermanfaat bagi sobat.
Keterangan : Pada saat akhir
langkahbuang dan awal langkah isap kedua klep in dan ex dalam keadaan
terbuka bersamaan di Sebut Over Lapping Klep
TDC ( Top Death Center ) atau TMA
BDC ( Bottom Death Center ) atau TMB
Sekian dulu pembahasan mengenai Motor
bensin dan Siklus 4 langkah, Materi Selanjutnya saya akan Membahas
Tentang MOTOR BAKAR Oke Sampai Jumpa di Artikel Berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar