Senin, 26 September 2016

Pengertian motor bakar

Pengertian Motor Bakar

 Yeeeayy ketemu lagi dengan saya, sebelum nya kemarin saya membahas pengertian Mesin dan Siklus Mesin 4 Tak selanjutnya saya akan membahas kemateri Motor Bakar ? sebelum nya ada yang udah tau apa itu Motor bakar ? Bukan Motor di bakar ya sobat jika belum tau simak pembahasan motor bakar ini ..
http://blogmasdayat.blogspot.com/2015/04/pengertian-motor-bakar.html
Motor Bakar adalah alat untuk menghaslkan tenaga dari proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin. Dalam bagian ini terjadi proses pengubahan suatu energy yang di ubah menjadi energy gerak atau disebut juga dengan mechanical energy . contoh nya yang terjadi pada sepeda motor terjadi proses oerbahan bahan bakar cair berupa bensin yang dicampur dengan udar di dalam karburator. Campuran ini terlebih dahulu diubah menjadi molekul molekul yang lebih kecil atau berupa gas ( pengkabutan) kemudian molekul ini masuk kedalam ruang bakar suatu mesin lalu di ubah menjadi tenaga gerak melalui transmisi dan diteruskan ke roda .
Tipe motor bakar dibedakan menjadi 2 sobat yang pertama Motor Bakar luar dan yang ke dua motor bakar dalam.
Motor bakar luar atau di sebut dengan istilah external combustion engine atau ECE yaitu mekanisme pembangkit panas nya yang dihasilkan di luar mesin itu sendiri contohnya mesin uap kereta batu bara atau lokomotif dan turbin uap
Motor bakar dalam atau di sebut dengan istilah internal combustion engine atau ICE yaitu mekanisme pembangkit panas nya yang dihasilkan didalam mesin itu sendiri contohnya mesin bensin sepeda motor, mobil, mesin diesel, turbin dan dan mesin jet.
Itulah beberapa pembagian motor bakar, motor pembakaran dalam dan motor pembakaran luar selanjut nya bedasarkan system penyalaan nya proses pembakaran nya terbagi 2 juga yaitu SIE dan CIE apa itu ? simak lagi pembahasan nya sobat ..
SIE ( Spark Ignition Engine ) Yaitu penyalaan proses pembkaran di dalam mesin yang terjadi menggunakan percikan bunga api listrik dari busi / spark plug di dalam ruang bakar. Contoh nya mesin motor yang menggunakan bahan bakar bensin.
CIE ( Compression Ignition Engine ) Yaitu penyalaan proses pembakaran di dalam mesin yang menggunakan suhu panas kompresi di dalam ruang bakar. Suhu temperature kira kira mencapai 600 derajat celcius dan tekan kompresi antar 15 – 22 Psi/bar contoh pada mesin tersbut adalah mobil diesel yang menggunakan bahan bakar solar.
Cukup sekian semoga materi motor bakar dapat membantu sobat, selanjut nya simak istilah dasar seputarmesin di artikel selanjut nya. Jangan Kemana mana tetap di Blog abdullahsani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar